>

Jumat, 28 Juli 2017

Pengalaman Tes SMB POLBAN

Siang Sob!
Akhirnya setelah 3 bulanan gw off karena sibuk kuliah, laporan dan fokus UAS, gw sekarang bisa ngeblog lagi sob. Sekarang gw akan update blog tentang Pengalaman gw tes SMB POLBAN. Pengalaman gw ini akan bermanfaat bagi sobat-sobat yang baru lulus SMA atau yang ingin mengikuti tes SMB POLBAN. Meskipun pengalaman ini sudah 2 tahun lalu, tapi insyallah gw masih ingat sedikit, bagaimana suasana dan jalannya tes.

Gambar 1. Tampak Depan POLBAN Jaman dulu (Sekarang udah bagus ada layarnya)

*Back to 2015* 
Dimana masa kelam gw karena ga lulus SNMPTN 2015 ke IPB dan SBMPTN hanya lulus di PTN baru. Akhirnya gw mengikuti tes POLBAN, meskipun gw sudah daftar ulang juga di POLTEKKES JKT III.
Saat mendaftar SMB POLBAN, gw berniat mengejar almamater dan teknik,walaupun sudah keterima poltekkes gw tetep nyoba POLBAN, karena mengingat teknik berpeluang bekerja di Pertamina & PLN, perusahaan inceran gw. Selain itu, POLBAN adalah Politeknik ITB yang memiliki kualitas hampir sama dengan ibunya(ITB), intinya almamater hehe.. 
Gw daftar SMB POLBAN di hari terakhir tanggal 15 Juli 2015, dengan pilihan 2 prodi, harga 125rb, bayar dan minta akunnya ke teller BRI Pusat Cianjur. Gw ga milih 4 prodi karena gw gamau masuk tata niata(IPS), karena 4 prodi itu khusus campuran(IPC).
Oh ya, Mengapa gw daftar di hari terakhir?
Karena POLBAN memperlihatkan rasio pendaftar, so, kita bisa mengetahui jumlah saingan kita dan prodi dengan peminat terkecil. Dikarenakan strategi gw dulu "Asal Keterima" maka gw tunggu sampai hari terakhir dan gw pilih prodi yang rasionya paling kecil serta gw minati. Karena itulah gw meminang pilihan pertama di D3 Teknik Kimia karena waktu SMA gw minat banget sama kimia dan biologi, dan mengapa gw pilih D3? Karena D4nya rasionya besar banget klo ga salah 1:17 sedangkan D3nya paling kecil rasionya di POLBAN (terbawah). Jadi, gw takut ga keterima klo D4. But, menurut gw yang sekarang, ini salah banget sob, gw saranin buat Sobat semua lebih baik pilih yang D4 aja, biar ga perlu S1 lagi, D3 repot sob, harus S1 dulu dan jabatan jauh dibawah D3. Jadi, wajar aja kalo rasio D3 dibawah D4 karena lebih banyak minat ke D4 dengan kuota yang dikit banget. *Btw, kuotanya dikit karena Polban masih baru-baru buka D4, tapi tenang sudah akreditasi kok walau masih kalah sama D3nya(Karena lebih tua).
Nah, untuk pilihan keduanya gw milih D3 Teknik Listrik, kenapa? Karena gw merasa dari jumlah pendaftar (bukan rasio) teknik listrik paling sedikit di jurusan keren (Teknik ELektro) dan juga gw punya temen komplek sekaligus kating SMA gw di prodi ini, dan ketiga gw merasa tertantang karena waktu SMA Di fisika Rangkaian Listrik gw buta bangettt ga bisa apa2, so, akhirnya gw pilih listrik. Tetapi ini nyatanya kesalahan fatal gw, karena waktu itu, gw ga berharap diterima disini, dikarenakan: 1. Gw agak penakut wkwkw (kesetrum), dan 2. Gw ga berani naik SUTET wkwkwk *sama aja*, intinya gw kurang jago sih di praktikal. Dan Inilah kesalahan gw, yang menyebabkan gw pindah, karena ketakutan gw itu, bukan masalah zona nyaman tapi mental & resiko. Jadi, saran gw jangan pilih karena dengan rasio terkecil atau jurusan keren melainkan sesuai dengan MINAT!.
Gambar 2. Rasio SMB POLBAN 2015
Setelah daftar gw langsung cetak kartu, dan inilah kartu peserta gw.

Gambar 3. Kartu Peserta Ujian Gw

Nahhh, ujiannya gw di Pendopo, tetapi gw ga perlu survei lagi karena dulu saat PMDK gw pernah langsung ke POLBAN make google maps, dan udah tau alamatnya dimana. Jadi gw mendadak aja langsung kesana pas ujian wkwkw. 

Btw sedikit cerita, sebelum gw daftar SMB POLBAN, gw ikut TryOut yang diadakan HIMAS POLBAN, dan menurut gw TO itu sangat menguntungkan, karena notabene gw ga punya persiapan untuk SMB POLBAN dan gw mendadak ingin nyoba SMB H-Sebulan makanya gw ikut TO itu dan beruntung hasil TO itu bikin gw optimis karena mendapat passing grade 40% walaupun prediksinya ga keterima sih hehe (karena waktu itu gw milih teknik kimia dan informatika*alasan :p*). Nah walaupun passing gradenya gede, masuk 50 besar gitu (Dari 1000 pendaftar loh).. gw ga pede karena prediksi ga keterima itu, makanya gw asah dan latihan tuh soal TO SMB H-seminggu. Tetapi ga getol amat sih (ditunda-tunda), soalnya udah tenang klo ga keterima udah jadi maba Poltekkes wkwkk. Akhirnya baru giatnya pas H-1 Ujian, wkwkwk Nekaaad soob.

H-1 Ujian gw panik, karena tadi engga ada persiapan sama sekali (terlalu menunda-nunda) dan udah ngerasa tenang karena udah jadi maba poltekkes, jadi gw pelajari aja tuh soal TO HIMAS selama 12 jam di H-1. Kampretnya karena gw panik gw belajr sampe jam 10 malam dan gw ga bisa tidur hingga gw tidur jam 1 pagi padahal testing jam 8 pagi*parah*. Fatalnya lagi, saking ga niatnya gw ga nginep di Bandung Alias lgsung dari Cianjur ke Bandung (64km!) wkwkwk*Jangan di Tiru*, jadi gw harus bangun jam 4 subuh dan banyak berdoa agar ga macet di jalan, kalau macett, udah deh byebye POLBAN wkwk. 
Nah akhirnya gw cuman tidur 2-3 jam wkwk, lgsung makan,mandi,siapin alat tulis dan sempat bingung antara ikut tes atau engga karena masih ngantuk wkkwkw *Parah* dan akhirnya gw minta tolong ke bokap gw untuk anterin ke Bandung, Untungnya pas bokap gw lagi libur, lgsung caw deh jam 4.00, sholat dijalan dan ngebutt lagi.
Sampailah di Bandung jam 6 pagi, ternyata ga macet, POLBANnya aja masih sepi banget parah, malah gw lebih pagi daripada temen gw valdi yang udah stay ddi Bandung, Nah kesempatan sepi ini lah gw cari-cari dimana pendopo agung, Eh ternyata pendopo agung tuh pendopo yang lgsung terlihat ketika masuk POLBAN -_-. 1.5 jam gw nunggu sambil baca-baca soal TO, ketika orang lain ngobrol sama temannya, relax, gw masih fokus ke soal TO*parah*,tapi gw sempet juga sih meet up sama temen-temen anak SMANCIL kayak Java, Valdi, Nurul,dll nanya-nanya tempatnya, udah gitu lgsung baca-baca soal lagi. Tapi ternyata beruntung banget gw dapat di pendopo karena ga mesti nyari kelas di gedung2 polban yang jauh jaraknya dari gerbang kaya teman-teman gw yang lain.
Saran gw sobat datang maksimal 1 jam sebelum ujian atau kalau bisa jam set 7 lah, untuk nyari ruangan (bagi yang belum dapat ruangan) dan mempersiapkan ujiannya(alat tulis dll.). Selain itu, untuk menghindari kemungkinan terburuk (MACET). Bagi yang jauh (luar kota Bandung) lebih baik nginep di saudara atau teman/kating agar menghindarri kemungkinan terburuk, jangan nekad kaya saya!.
Oh ya satu lagi sebelum ujian, jangan lupa siapkan fotocopy ijazah, 2B dan penghapusnya, KTP dan Kartu Pesertanya.

Gambar 4. Suasana Tes SMB POLBAN 2015 Di Pendopo Agung

*Back Story*
Nah, akhirnya dibukalah pintu pendopo jam 7.30 dan gw langsung nyari bangku gw, dan akhirnya ketemu setelah berputar-putar dengan calon mahasiswa lainnya. Ternyata di pendopo yang luas itu sistemnya dibagi kelompok, ada lebih dari 15 kelompok, jadi tiap kelompok itu ada kurang lebih 20 bangku yang diawasi dengan masing-masing 2 pengawas dari kakak tingkat (kating). Kebeneran waktu itu yang ngawasnya kating, cewek lagi sob, udah gitu lumayan cantik, aduh rasanya langsung semangat ujian wkwkwk*eeebecanda tapi bener*, tapi sialnya satunya galak liatnya rada sinis gitu, jadi gw harus terus liat soal.
15 menit sebelum ujian soal dibagikan dan dibacakan peraturan, nunggu hingga jam 8.00 pas, ujian REKAYASA/SAINTEK pun dimulai. Nah, Di ujian SMB POLBAN itu ada hal BARU yang gw alami, berbeda dengan ujian lainnya yang pernah gw ikuti (Poltekkes, Stan, Stis, SBMPTN), yaitu di SMB POLBAN ada sesinya, jadi nanti dibagi 5 sesi selama 3 jam, sesi pertama pas jam 8 itu sobat disuruh merobek soal matematikanya yang artinya mengerjakan soal matematika selama 75 menit(30soal), setelah beres langsung diletakkan lgi dan gaboleh disentuh lagi, begitupun mata pelajaran lainnya, tapi ga rumit kok karena soal dan jawabannya sudah berurutan. Dalam sesinya itu 75 menit untuk matematika, dilanjut 25 menit untuk fisika(10 soal), 25 menit untuk kimia (10soal), 25 menit untuk indonesia (15 soal), dan terakhir 30 menit untuk b.inggris (15soal), jadi total ada 80 soal dalam 3 jam, cukup lama sih, tapi bahayanya sesinya itu kalau ga bisa bagi waktu/latihan sebelumnya di TO, pasti kelimpungan dan mantapnya 3 jam NON STOP, jadi kalau mau ke toilet mending sebelum ujian, karena pas ujian ga boleh kemana2 3 jam itu!,. 
Saat tesnya yang gw alami di Matematika gabut parah*Karena ga bisa wk*, sebelah gw bisa sampai ada yang tidur, kalau gw sih sambil curi2 pandang ke pengawas wkwkw. Tetapi pas di fisika, kimia, kita harus gerak cepat karena cuman 25 menit, sama halnya di Indonesia udah bacaanya panjang banget, 15 soal lagi, udah gitu cuman 25 menit waktunya, artinya 1.6 menit satu soalnya Indo *parah*. Nah gw kacaunya di fisika dan B.Inggris, karena fisika lama ngitungnya jadi cuman ngisi 4, dan Inggris lama translatenya jadi ada yang nembak :(, jadi intinya sebelum SMB persiapan harus lebih matang lagi Sob! Agar tidak keteteran kayak gw, harus coba TO dan latihan soal terus sambil diwaktu sesi seperti ujian aslinya dan kerjakan soal yg mudah dulu.

Gambar 5. Suasana Ujian SMB POLBAN 2015 Pendopo Agung

Ujianpun beres tepat kurang lebih jam 11. Gw keluar dengan suasana haru dan lgsung balik ke Cianjur dengan bokap.
Gw sangat pesimis waktu itu dengan hasil karena Mtk yang kurang latihan jadi ngisi cuman 11 nomor dari 30 soal dan ada yg ngasal, ditambah inggris dan fisika yg keteteran waktunya sehingga fisika cuman ngisi 4, inggris kosong 1, dan Kimia Pede banget, Indonesia full. Waktu gw coba-coba periksa gw yakin bisa tembus tekkim karena kimia hampir benar semua (benar 8), sedangkan fisika cuman benar 3 salah 1, inggris, indo, mtk pasrah gimana hasil wkwk. Tapi disitu gw bner2 pede bisa tembus tekkim karena ngisi kimia banyak dan hampir semua benar.

Hasil SMBpun diumumkan melalui teman gw Valdi yang dapat dari kating sehari sebelum pengumuman resmi dan ternyata benar sesuai prediksi pesimis gw diterima di prodi teknik listrik, saat itu gw seneng banget karena nembus POLBAN, dan senang masuk teknik, tapi gw ga berpikir bahwa di teknik listrik itu gw ga minat dan penuh dengan resiko, bahaya tegangan tinggi, sehingga setahun setelah kesenangan itu gw cabut dari POLBAN, dan kapan2 gw akan ceritain sob pengalaman kuliah gw di listrik dan sbmptn sehingga sekarang pindah ke IPB.
Gambar 6. Pengumuman SMB POLBAN 2015 D3 T.Listrik

Alhamdulillah, Barakallah..
Sekian. 
Semoga Bermanfaat.

16 komentar:

  1. Kang boleh minta soal to nyaa??

    BalasHapus
  2. Klo salah min berapa, kak?
    Kalo bener plus berapa?

    BalasHapus
  3. ka boleh minta soal TO nya nggk

    BalasHapus
  4. Kak jenis soalnya gmn? Kaya soal sbm atau yg biasa dipelajarin disekolah?

    BalasHapus
  5. Kak boleh minta soft file atau foto TO nya di aldyrozian@hotmail.com makasih

    BalasHapus
  6. A boleh minta soal to nya ga?

    BalasHapus
  7. Itu klo mau.ikutan TO dmna ya?

    BalasHapus
  8. Aku ikut pmdk polban jadi pesimis liat rasio nya :(

    BalasHapus
  9. Donaco Poker Online Terbaik


    DonacoPoker adalah salah satu situs Judi Poker Online yang paling baik. Karena kami melayani member-member kami sepenuh hati dan online selama 24jam. Jika anda merasa kurang baik dengan situs lama anda maka saatnya bergabung ke DonacoPoker bosku.
    Hubungi kami di :
    WHATSAPP : +6281333555662
    Atau bisa langsung ke Livichat kami di donacopkr(titik)com

    >>>DAFTAR<<<

    Situs Judi Online

    BalasHapus
  10. Soal essai atau pg bang? Atau ada dua"ny?

    BalasHapus
  11. Tadi anakku ikutan tes tpi ada yg ketinggalan fotocopy ijazahnya.. Aku dan suami aku ga bisa nganterin.. .Trus gmn td aku blom tau

    BalasHapus
  12. Kak seleksi mandiri polban ada uang pangkal nya ga ya?

    BalasHapus