>

Jumat, 04 Agustus 2017

Prospek Kerja Teknik Listrik atau Teknik Elektro

Sore Sob!
Hari ini gw akan berbagi sedikit ilmu dan pengalaman gw mengenai jurusan teknik listrik/elektro. Artikel ini akan sangat bermanfaat bagi sobat yang baru lulus SMA/SMK, ingin menentukan masa depan sobat dan juga bermanfaat bagi kawan-kawan gw di listrik POLBAN atau anak-anak elektro lainnya. Artikel ini juga sangat bermanfaat bagi sobat-sobat yang "gak betah" di Elektro dan ingin pindah jurusan, saran gw pikir panjang sob, jangan sampai menyesal kedua kalinya kayak gw.

For information : Sekarang gw emang bukan anak Teknik lagi atau anak Elektro lagi, tapi sempat mengenyam pendidikan elektro listrik POLBAN 1 tahun, dan sekarang gw tetap menyukai ilmu tersebut sampai gw susah move ON karena prospek dan masa depan yang ditawarkan jurusan ini sungguh cerah! walaupun gw udah di ilmu tanah IPB, gw masih sering nyari-nyari lowongan kerja/artikel mengenai elektro (Gaada Kerjaan banget kan! Wajar susah move on &Stres). Oleh karena itu, sekarang gw simpulkan yang pernah gw baca dan gw akan sampaikan mengenai elektro dan prospeknya.

Notes : Informasi ini gw dapat dari jejak alumni Teknik Listrik POLBAN dan lowongan kerja di Bursadepnaker.com (lowongan kerja Online yang terpercaya dan dibawah departemen tenaga kerja).

Oke langsung aja sob!


Sebelumnya, apa itu Teknik Elektro atau Teknik Listrik?
Menurut wikipedia.com, Teknik listrik atau teknik elektro (bahasa Inggris: electrical engineering) adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Lebih rincinya lagi menurut gw, Teknik elektro itu adalah teknik yang memanfaatkan elektron serta mempelajari sifat-sifat elektron dalam kehidupan sehari-hari. Teknik Elektro yang biasa dikenal di masyarakat dan industri itu adalah Teknik Listrik yang belajar mengenai pemanfaatan , perancangan, perbaikan dan pengelolaan tenaga listrik mulai dari sektor pembangkit, transmisi serta distribusi tenaga listrik.

Nah dulu waktu gw di POLBAN teknik elektro itu lebih dikenal dengan teknik elektronika, bukan teknik listrik. Tapi menurut gw ini salah sob! Teknik elektronika itu cabang ilmu elektro dan berbeda dengan teknik elektro aslinya, seperti pengertian wikipedia, teknik elektro itu lebih menjurus ke listrik (Arus Kuat) dan jaman dulu itu namanya teknik listrik (Sebelum ubah jadi elektro), sobat juga bisa liat Rekrutmen PT. PLN (Persero) maka disitu akan ada 2 rekrutmen khusus yaitu Teknik Elektro (Arus kuat) dan juga ada lagi rekrutmen khusus Teknik Elektronika/Kontrol (Arus lemah). So, Elektro yang terkenal di industri itu Listrik (Arus kuat) sedangkan Elektronika itu elektronik/kontrol(Arus lemah).

Tetapi, bukan berarti Elektronika itu bukan elektro, melainkan elektronika itu cabang ilmu elektro. Ilmu Elektro itu luas, bukan hanya tentang Listrik, melainkan memiliki cabang ilmu lainnya seperti Teknik elektronika (Arus lemah), Teknik telekomunikasi,Teknik Tenaga, Teknik Kontrol serta masuk juga Informatika. Jadi buat anak elektronika, gak salah juga sih disebut elektro karena bagian cabang ilmunya.

Cuman mengapa gw bahas Elektro itu berbeda elektronika, karena ada sedikit cerita dari gw, jangan sampai sobat ada yang kaya gw ngerasa salah jurusan, gw dulu sangat ingin masuk elektro, karena banyaknya lowongan di BUMN, Oil&Gas pada teknik elektro, ehh ternyata pas masuk POLBAN(Politeknik ITB) elektro itu adalah elektronika jadi gw ngerasa sedikit kecewa gitu, jurusan gw ini menyeramkan arus tinggi, tapi ga ada gunanya apa? Gada lowongannya gitu buat listrik? Nah jadilah gw pindah gara2 alasan ga jelas gitu. Padahal sekarang setelah pindah gw baru tau dan baru baca bahwa elektro itu adalah teknik listrik jadilah nyesal abiss(Maaf sob curhat sedikit hha). Jadi intinya, sebelum sobat menentukan jurusan bacalah artikel-artikel mengenai jurusan tersebut, seperti artikel gw ini (hha promote) dan juga lebih baik nanya kating/ ikutan himpunan mahasiswa untuk menanyakan prospek dan "apa jurusan ini". Jangan sampai kayak gw yang awalnya udah salah yaitu males nanya kating, gak ngedengerin kating(sampe2 ada kating Orda marah) dan parahnya NON-Himpunan.

Oke *Back To Topic*

Setelah mengetahui "apa sih elektro itu" dan tau cabang ilmunya, sekarang kita ke Prospek Kerjanya, Oke langsung aja!



1. SEKTOR OIL & GAS (MINYAK & GAS)



Gak salah lagi!, sektor ini adalah incaran bagi sobat-sobat yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, dan juga fresh greduates. Bahkan gak sedikit orang yang menjadikan sektor ini sebagai "tujuan hidup" dan cita-citanya karena sektor ini memang sangat menjanjikan untuk kesejahteraan karyawannya di masa depan baik segi finansial (gaji ribuan dollar,bonus,pensiunan&pesangon) juga fasilitas yang mewah bagi pekerjanya(Perumahan, kendaraan,dll). Bagi sobat yang ingin masuk sektor oil & Gas, gak perlu hanya dari jurusan Teknik Perminyakan (Potreleum Engineering), Teknik Mesin dan Teknik Kimia. Melainkan bisa juga dari jurusan Teknik Elektro/Listrik serta Elektronika/Kontrol yang sangat dibutuhkan di sektor ini, Sobat berguna bisa sebagai perancang listrik di Rig/ Maintenance kelistrikan Rig/ Maintenance alat-alat pengeboran yang tergantung dengan Listrik,dll. Hari gini mau ngegali minyak/gas emang gak butuh energi listrik? Pasti butuh dari pembangkitannya hingga pengelolaanya sob.

For Information, alumni dari Teknik Listrik/Elektro POLBAN pasti ada yang keterima di sektor ini setiap tahunnya/setiap angkatan. Dari 64 orang per angkatannya, pasti ada 1-3 Orang yang keterima di perminyakan. Contohnya di perusahaan CHEVRON, Schlumberger, Halliburton, Total E&P, BP Migas atau Pertamina(Persero). Selain itu, banyak juga yang kerja di perusahaan gas seperti PGN(Persero) dan BADAK NGL.

Hayoo siapa sih yang gak mau kerja di perminyakan, apalagi dengan diberikan fasilitas yang "wow" seperti di Chevron dan Badak NGL yang memberikan fasilitas perumahan karyawan,sekolah,dll. di "Kota"untuk Fresh Greduatesnya. Atau Pertamina perusahaan negara yang karyawannya paling makmur dan terjamin hingga pensiun. Mantap banget kan sob!


Oh ya ini beberapa bukti rekrutmen untuk teknik elektro/listrik tahun 2017 :
Lowongan PT Badak LNG
Nah baru aja dari lowongan ini ada alumnus listrik polban juga yang keterima di Badak LNG.

Lowongan PT Pertamina (Persero)
Biasanya setiap ada lowongan pertamina D3, pasti ada yang keterima dari POLBAN

2. SEKTOR PERTAMBANGAN (MINING)
Nah, sektor pertambangan ini biasanya menjadi pilihan kedua sobat setelah sektor perminyakan karena salarynya untuk fresh greaduates yang sama-sama luar biasa. Contohya aja di PAMA fresh greduatesnya 6-7jt, apalagi di Antam, Timah yang notabene BUMN, dan juga yang sudah ternama seperti Freeport. Biasanya di dalam sektor pertambangan pekerjanya gak hanya dari lulusan Teknik Pertambangan, Geologi, Mesin. Tetapi, lulusan dari Teknik Elektro/Listrik juga masuk sob!, sama halnya dengan oil&gas, pertambangan juga membutuhkan energi listrik untuk penerangan tambang, pengelolaan bahan tambangg dan juga penggalian tambangnya. So, jadi prospek di tambangg juga sangat berpotensi buat lulusan listrik/elektro. Perusahaan tambang ternama yang biasanya menerima elektro seperti PT. PAMA Persada, PT. Aneka Tambang(ANTAM) (Persero), PT TIMAH(Persero), PT. Adaro Energy, PT. Krakatau Steel (Persero), PT. Freeport, dll.

Dan ini beberapa bukti rekrutmennya tahun 2017 :
Lowongan PT. PAMA

Lowongan PT Adaro Energy

Lowongan PT Krakatau Steel (Persero)
Nah biasanya alumni listrik polban banyak nih di Krakatau Steel/Krakatau Posco karena berada di Jawa (Cilegon, Banten)

3. SEKTOR KONSTRUKSI

Pilihan ketiga untuk lulusan elektro/listrik itu adalah sektor konstruksi. Sektor ini juga bisa dijadikan pilihan utama sobat karena sobat akan sering bekerja di "kota". Siapa coba yang gak mau kerja di kota?, dibandingkan dengan sektor-sektor sebelumnya yang kerja di offshore/lepas pantai dan di "hutan" udah gitu diluar pulau Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, pastinya lebih nyaman kerja di konstruksi, bisa dekat dengan keluarga dengan gaji yang cukup memuaskan, bahkan gajinya bisa setara dengan perminyakan jika ada proyek di perusahaan seperti WIKA (Wijaya Karya), Waskita, PP, HK, Adhikarya yang notabene perusahaan BUMN.

Oke, sektor konstruksi ini akan sangat membutuhkan lulusan elektro/listrik karena dalam pekerjaan kontraktor, selalu membutuhkan listrik, seperti dalam gedung, di jalan, perumahan, dll. Tentu disini dibutuhkan seorang "Engineer" yang bisa merancang instalasi listrik, memasang dan me-maintenance instalasi listrik. 

Perusahaan yang dapat dilamar oleh anak elektro/listrik di bidang konstruksi yaitu Wjaya Karya(Persero), Hutama Karya(Persero), Pembangunan Perumahan (Persero), Adhikarya (Persero), PT. Jasa Marga, Nindya Karya (Persero), Brantas Abiparya, PT MRT Jakarta, dll. Pokonya di perusahaan konstruksi ini paling banyak BUMNnya se Indonesia Sob! Jadi jangan segan untuk milih bidang konstruksi.

Contoh lowongan untuk anak teknik elektro/listrik di bidang konstruksi 2017:
PT MRT Jakarta
Nah biasanya anak Listrik POLBAN, lumayan banyak yang kerja di proyek MRT Jakarta, karena selain berada di Ibu Kota, salary yang diberikan perusahaan kontraktor MRT Jakarta ini sangatt besar, apalagi pemerintah lagi fokus ke proyek MRT Jakarta.
Lowongan PT WIKA(Persero)


Lowongan PT Waskita (Persero)


Lowongan PT Nindya Karya (Persero)


4. SEKTOR PENERBANGAN


Oke Sob, sektor selanjutnya yang sangat besar peluangnya untuk dipinang anak teknik listrik terutama D3-nya yaitu sektor penerbangan.

Mengapa penerbangan? Dibagian apa?
Penerbangan itu luas sob, bukan hanya tentang pilot atau pramugari. Di dalam sektor penerbangan ada juga engineer yang dibutuhkan untuk merancang, memperbaiki, merawat pesawat yang ada di hanggar. Sobat kenal B.J Habibie? Yap! Beliau itu merupakan engineer lulusan Teknik Pesawat Terbang ITB&German yang sekarang dikenal teknik Aeronautika. Di Indonesia hanya 2 perguruan tinggi yang memiliki program studi Teknik Aeronautika. Wah hanya 2? Yoi sob hanya 2 yaitu ITB dan anaknya, Politeknik ITB (POLBAN). Bedanya ITB S1, Polban D3 Aeronautika. Oke sekarang Apa hubungannya dengan elektro?



Pernah terpikir gak sob kalau di kendaraan seperti pesawat, mobil, motor itu bisa nyala menggunakan apa? pemantiknya dari mana? lampunya dari mana? Yoi, itulah tugas anak Teknik Elektro/Teknik Listrik. Disanalah mereka berperan gak hanya anak aeronautika. Mereka bertugas sebagai engineer/teknisi kelistrikan pesawat, mulai dari merancang instalasi peswat, merawat/me-maintenance instalasi kelistrikan di pesawat bahkan sobat juga bisa sebagai teknisi kelistrikan bandara!.




Apa aja perusahaannya? Wah kalau ini tentu perusahaan bonafit sob, Ada GMF Aeroasia (Persero) (Garuda Indonesia), PT Angkasa Pura I(Persero), PT Angkasa Pura II(Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero), dll. Wuihh GMF mantep kan sob? GMF tuh bonafit/gajinya setara dengan fresh greduates perusahaan konstruksi BUMN dan pertamina, S1 sebelum diangkat 5,6jt (training), pas diangkat jadi 7 jt, kalau D3 5jtan(Info dari kaskus 2017), belum lagi bonusnya.


Bila sobat kerja disini selain keuntungan bonafit dan bonus, sobat juga memiliki keuntungan lain yang sama dengan prusahaan konstruksi, dimana sobat kerja di Jakarta (Ibu kota) cuyy, tepatnya di Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Gak kaya perusahaan perminyakan asing/pertambangan dimana sobat harus kerja di kalimantan, hutan atau di tengah laut/offshore. Pokoknya bagi sobat yang berkeluarga atau tidak ingin jauh dari keluarga cocok di perusahaan ini.

Di perusahaan GMF Aeroasia banyak lulusan Polbannya terutama aeronautika, tetapi di jurusan listrik juga banyak, ada alumni listrik yang masuk GMF dan baru 2 tahunan kerja udah punya rumah. Mantap kan!
Okee, inilah sob beberapa lowongan kerja nya 2017:
Lowongan PT. GMF Aeroasia (Persero) 2017 untuk lulusan D3-Teknik Listrik (Electrical Engineering)

Lowongan PT. Angkasa Pura I (Persero) untuk S1/D3 Teknik listrik

5. PERUSAHAAN KELISTRIKAN

Nah kalau sektor ini sangat jelas prospek yang sangat diminati anak elektro sob!, karena sektor ini memang sejalan dengan keilmuan mereka di kampus. Gak aneh kalau anak listrik/elektro POLBAN masuk ke PLN, Indonesia Power dan PJB. Tiap angkatan dari 64 orang, pasti 20 orangan masuk ke-3 BUMN tersebut. Bahkan gw aja punya temen yang menjadikan PLN pilihan terakhir bagi karirnya setelah Oil&Gas.

Jadi, jika kalian ingin bekerja di perusahaan yang sesuai dan menerapkan apa yang kalian pelajari di kampus, PLN & anak perusahaannya sangat cocok sob!, mumpung lagi rekrutmen besar-besaran sob, untuk menunjang proyek 35.000 MW. Apalagi PLN itu terkenal dengan perusahaan yang paling nyaman, santai, kerjaanya ga berat, kekeluargaannya sangat erat, kerjaanya di kota (meski seluruh Indonesia), pokonya idaman banget bagi para Fresh greduates, ditambah lagi dengan  gaji fresh greduatesnya salah satu tertinggi di Indo (5,6jt S1, 4.7jt D3), 20x gajian per tahun, tunjangan kesehatan full sampai anak-3, pensiun terjamin, dan salah satu BUMN terbaik setelah pertamina. Paling penting di PLN itu berbakti untuk bangsa sob. Bayangin tiap listrik mati siapa pahlawannya, kalau bukan anak PLN yang susah payah me-maintenance.

Seluruh perusahaan kelistrikan terutama PLN akan sangat membutuhkan lulusan elektro/listrik/arus kuat disetiap rekrutmennya sob, bahkan yang sudah gw pelajari setiap rekrutmen pasti kuota terbanyak yang diterima dari listrik/arus kuat, Direktur PLNnyapun pernah bilang seperti itu, untuk menunjang proyek 35.000 MW, akan sangat dibutuhkan lulusan2 D3/S1 teknik listrik hingga 2019. Pokoknya nyesel banget kalau ga masuk elektro, sama kaya gw yang waktu lulusnya pas banget dibutuhin tapi gw malah pindah :(.

Satu lagi sob ketinggalan, perusahaan kelistrikan yang pasti ngerekrut anak listrik itu perusahaan pembangkit Geothermal energi. Tau kan sob apa itu geothermal? Geothermal itu pembangkit listrik tenaga panas bumi, yang memanfaatkan uap panas bumi untuk memutarkan turbin jadi energi listrik. Perusahaan geothermal yang pasti membuka lowongan buat anak listrik yaitu PT. Pertamina Geothermal Energy (Persero), PT Geodipa Energy (Persero), PT. Star Enery, dll. Pokonya banyak sob, dan masalah bonafit, ketiga perusahaan tersebut lebih besar dari PLN, apalagi pertamina geothermal impian bangett.

Ohya, perusahaan diatas ada lagi perusahaan kelistrikan lainnya di bidang swasta, seperti Cikarang Listrindo, Krakatau Posco, dll.
Lowongan PT Geodipa Energy (Persero)
Lwongan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) (Persero)
Nah dari anak listrik POLBAN banyak nih sob yang lulus di PGE, tiap buka rekrutmen biasanya 2-3orang lulus. mantap kan.


6. PERUSAHAAN BUMN lainnya, PERUSAHAAN SWASTA, PERUSAHAAN BUMN PERKEBUNAN
Jika sobat tidak keterima di ke-5 sektor sebelumnya. Ini bisa dijadikan pilihan-pilihan paling terakhir. Semua perusahaan BUMN yang memiliki industri pasti butuh lulusan listrik/elektro sob. Yang pernah gw baca perusahaan BUMN lain yang rekrutmen lulusan listrik yaitu PT.Biofarma (Persero), PT. PINDAD (Persero), PT. INTI (Persero), PT PAL(Persero), PT DAHANA(Persero), PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), dll. Pokoknya perusahaan BUMN yang bergerak di industri/transportasi pasti butuh anak elektro/listrik sob. Yang sering rekrutmen biasanya PT KAI, Biofarma untuk lulusan listrik, bahkan ada lulusan listrik POLBAN yang kerja di PT.Biofarma dan PINDAD karena letaknya di Bandung udah gitu BUMN lagi. Pokoknya mantap lah sob.

Selain BUMN diatas, ada juga perusahaan swasta ternama dengan gaji selangit yang sering rekrutmen anak-anak elektro/listrik untuk industrinya seperti PT. Unilever, PT. Toyota (TMMIN), PT Astra Internasional, PT Toyota Astra Motor (TAM) PT. HM Sampoerna. Selain itu, bisa pilihan keduanya seperti PT. Semen Merah putih, PT. Semen Tiga Roda, PT Danone Aqua, PT SMART pokoknya perusahaan-perusahaan di bidang semen, industri makanan juga sangat membutuhkan anak elektro/listrik. Tidak sedikit juga anak-anak listrik polban yang kerja di TAM, Unilever, Toyota dan Semen merah putih.

Pilihan terakhir lagi, yang membuat gw sebagai anak pertanian sedikit nyesek yaitu bisa bekerja di bidang BUMN perkebunan atau pupuk. Pokoknya setiap gw cari rekrutmen untuk pertanian, pasti ada untuk anak teknik terutama anak elektro/listrik. Sebab, BUMN perkebunan atau pupuk juga memiliki pabrik pengolahan yang membutuhkan anak-anak listrik untuk memaintenance/ mengelola PLC pabriknya. Contoh BUMN perkebunan/pupuk yang biasa rekrutmen anak listrik/elektro yaitu seluruh PTPN (Persero) dari PTPN I-XI, PT. Pupuk Indonesia (Persero), PT PUSRI(Persero), PT. Petrokimia Gresik (Persero), PT. Pupuk kaltim (Persero), dll. Selain itu, perusahaan BUMD juga butuh lulusan elektro seperti PDAM, PAM, Perum Jasa Tirta I,II. Ada juga perusahaan swasta perkebunan sawit yang butuh anak D3 listrik untuk industri sawitnya seperti PT Smart agro, PT. Wilmar, PT. Asian Agri, PT. Astra agri, PT. Indofood, dll.


Intinya lowongan untuk elektro/listrik itu sangat luas sob, segala industri membutuhkannya, jadi menurut saya kedepannya yang sangat berprospek bersama kemajuan zaman ini yaitu jurusan T.Elektro, dan didampingi dengan jurusan T.Mesin dan T. Kimia. So, bagi sobat yang akan lulus, Jangan ragu untuk memilih Teknik Elektro, dan bagi sobat yang sudah menginjakkan kaki di Teknik Elektro, jangan ragu dan totalitaslah, karena jurusan sobat lebih menguntungkan dibanding jurusan lainnya. "Lihatlah kebawah sob, jangan liat katas terus nanti pegel".

Oke sob.
Sekian.
Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih.


11 komentar:

  1. Widih ane browsing-browsong ketemu blog ente, btw kita sama broo bayangan ane di elektro lebih belajar ke arah pembangunan seperti instalasi, konstruksi, dll. Bidang itu kan butuh anak listrik juga broo. Tapi entah kenapa ane jadi males ketemu ama elektronika karena mirip-mirip belajar komputer. Males jadinya deh wkwk. Bisa sharing lebih tentang elektro arus kuat broo? Btw ngapa pindah ? Wkwk. Ane juga kadang kepikiran ke civil/arcitecture wkwkwk

    BalasHapus
  2. Mantap bro, tapi pengen tanya nih kebetulan di univ saya jurusan t.elektro tapi bidang/ konsentrasi nya cuma kontrol dan telekomunikasi.nah pengen tanya nanti kita lulus gimana ya apa tetep bisa t.elektro nya bekerja di bidang kelistrikan atau perusahan seperti yang di ternagin diatas?

    BalasHapus
  3. Mas, ane mau nanya, di politeknik pilihan ane, teknik elektro bidang/kontrasinya ,teknik listrik, elektronika,instrumen,telekomunikasi , itu semua bisa ga kira kira ketrima kerja di perusahaan perusahaan yg diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Listrik sama elektronika prospeknya sama sob, biasanya disitu ada elektro pasti ada listrik juga, yg agak beda cuman telekomunikasi, yg cakupannya lebih sempit dibanding konsentrasi elektro yg lain

      Hapus
  4. masbro gua mau nanya nih,hari ini ane diterima di 2 kampus dengan 2 jurusan yang berbeda,jurusan s1 geologi di undip,dan d3 listrik di polines ,prefer ke mana mas bro,dan apa alasannya?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran ane ke geologi undip aja sob, itu teknik kan? Kalau sama2 teknik gajauh beda dan s1, soalnya kalau dari d3 ke s1 butuh biaya buat ekstensi, gua pernah ngitung2 dan pengeluarannya jauh lebih besar buat ekstensi, semangat sob

      Hapus
  5. Kalo misal aku lulusan d4, ttp termasuk persyaratnnya kan? Yg persyaratan pendidikan s1 dan d3

    BalasHapus
  6. Bro maaf sblmnya, sy ingin sedikit cerita. Mungkin yg ada dipikiran saya mirip dengan apa yg dialami bro 3 tahun lalu (sejak blog ini dibuat) saya maba dan udah diterima di polban teknik listrik, dan skrg lgi nunggu pengumuman sbmptn 2020. Pilihan saya ada di teknik geologi unpad & upn. Jujur sy merasa sangat bingung kemana saya harus melangkah. Sy tdk ingin ada penyesalan dikemudian hari, jika berkenan bolehkah sy dm lewat ig?

    BalasHapus
  7. Kak kalo buat cewek teknik elektro cocok gk? Dan peluang kerjanya apa sama?

    BalasHapus
  8. cewek bisa ke perusahaan diatas min?kok banyak dibutuhkan hanya laki2

    BalasHapus