>

Jumat, 17 Februari 2017

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2017

Bagi sobat yang baru lulus SMA, postingan kali ini mungkin sangat penting. Sebab postingan ini bisa menjadi salah satu pertimbangan sobat dalam memilih perguruan tinggi. Terutama yang ingin masuk perguruan tinggi yang berkualitas, dan go internasional. 

Kali ini gw bakal ngeposting 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi webometrics.com 

Sebelumnya indikator penilaian untuk pemeringkatan dari webometrics ini adalah melalui website, jurnal penelitian, repository, dll.

Oke langsung saja ya sob!

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Hasil gambar untuk ugm


Universitas Gadjah Mada, disingkat UGM, merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.Kampus UGM yang terletak di Yogyakarta tersebut merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan dua Sekolah yaitu Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Saat ini UGM kembali berhasil menjadi no 1 Perguruan Tinggi terbaik se-Indonesia, selama 9 tahun berturut turut! wow benar-benar prestasi yang membanggakan ya sob!. UGM tidak pernah turun dari pucuk selama 9 tahun dan selalu memimpin Indonesia di kanca Internasional. UGM menduduki peringkat 1 di Indonesia, peringkat 119 di Asia dan peringkat 817 di Dunia.

2. Universitas Indonesia (UI)

Hasil gambar untuk ui

Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari DepokJawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat.

UI secara resmi memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universiteit Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, tepatnya di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke salah satu bangunan bekas pabrik madat di Jl. Samlemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 kemudian dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

Kampus yang terkenal dengan jakunnya ini merupakan kampus yang paling tua di Indonesia dan baru merayakan dies natalis ke 67. UI berhasil menduduki peringkat 2 di Indonesia, peringkat 132 Asia dan peringkat 861 Dunia

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Hasil gambar untuk itb

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik. ITB telah memiliki 20 program studi yang terakreditasi secara internasional (sembilan di antaranya dari ABET)

ITB merupakan sekolah teknik pertanama di Indonesia sekaligus yang terbaik di Indonesia. Kampus yang paling ketat persaingannya ini hanya berhasil menyabet peringkat 3 di Indonesia, peringkat 171 di Asia dan peringkat 987 di Dunia.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Hasil gambar untuk ipb

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.
Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia. Pada tanggal 1 September1963. Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri.
Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tanggal 21 Februari 2013, BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik)
Perguruan tinggi pertanian terbaik se-Asia Tenggara ini tetap bertengger di peringkat 4 di Indonesia, peringkat 376 di Asia, dan peringkat 1538 di Dunia.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Hasil gambar untuk ub
Universitas Brawijaya (biasa disingkat UNBRAUNIBRAW atau singkatan resmi UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya. Jumlah mahasiswa saat ini lebih dari 55 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diplomaprogram Sarjanaprogram Magister, dan program Doktor selain program Spesialis tersebar dalam 15 Fakultas dan 2 Program pendidikan setara fakultas.
Pada tanggal 10 Januari 2009, Universitas Brawijaya mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.Pada akreditasi selanjutnya tanggal 11 September 2014, Universitas Brawijaya kembali mendapatkan Akreditasi A. 29 November2007, UB mendapat persetujuan Dirjen Dikti untuk menjadi perguruan tinggi otonom
Perguruan tinggi yang terletak di kota Malang ini menempati peringkat 5 se-Indonesia, peringkat 408 di Asia, dan peringkat 1614 di Dunia.
6. Universitas Padjadjaran (Unpad)
Hasil gambar untuk unpad
Kampus yang berlokasi di Jatinangor, Sumedang. Yang dikenal dengan peminat tertinggi di Indonesia ini, hanya berada di peringkat 6 Indonesia, peringkat 441 di Asia, dan peringkat 1695 di Dunia.
7. Universitas Diponegoro (Undip)
Hasil gambar untuk undip
Kampus yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini menduduki peringkat 7 di Indonesia, peringkat 513 Asia, dan peringkat 1902 di Dunia.
8. Universitas Riau (Unri)
Hasil gambar untuk unri
Kampus kebanggaan orang Riau ini berhasil menduduki peringkat 8 di Indonesia, peringkat 548 di Asia, dan peringkat 2007 di Dunia.
9. Universitas Udayana (Unud)
Hasil gambar untuk unud
Kampus terbaik di Bali ini menduduki peringkat 9 di Indonesia, peringkat 596 di Asia, dan peringkat 2147 di Dunia.
10. Universitas Airlangga (Unair)
Hasil gambar untuk unair
Kampus terakhir yang menduduki peringkat 10 di Indonesia adalah Unair. Salah satu kampus terbaik di Surabaya ini menduduki peringkat 612 di Asia, dan peringkat 2187 di Dunia.

Itulah top 10 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.com semoga bermanfaat untuk sobat-sobat semua yang akan menempuh dunia perkuliahan

Selain versi webometrics, gw juga akan memposting peringkat perguruan tinggi berdasarkan Kemenristek Dikti, 4icu dan QSUniversity. Tunggu aja ya Sob!

Terima Kasih.

Sumber :
www.webometrics.com
www.wikipedia.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar